Luar biasa benar efek melakukan kegiatan berkemah (camping) buatku, setelah mendirikan tenda, kemudian duduk di tepi lembah Bumi Perkemahan Sukamantri Ciapus, woww… seketika hatiku menjadi cerah diterpa pemandangan semburat sinar mentari, nyaris membuat waktu seakan terhenti walau beberapa menit saja.


Ya, saking indahnya menurutku, bumi perkemahan Ciapus di wilayah Bogor, Jawa Barat ini bisa disebut sebagai oase bagi para muda pecinta alam untuk sejenak tidur di tenda dan merasakan segarnya hawa pegunungan.


Bisa sahabat puteriputeri.com rasakan, setelah mendirikan tenda kemudian anda duduk dan bercengkarama dengan kawan-kawan di depan tenda, ini bisa menjadi kenangan yang menyenangkan bagi Anda.
Mencari damai di alam bebas kerap dilakukan oleh parapecinta alam untuk benar-benar merasakan suasana yang segar, dan berkemah merupakan salah satunya.

Menurut saya, berkemah ini adalah salah satu bentuk kegiatan Incentive Trip, atau wisata dengan sebuah kelebihan keuntungan.

Keuntungannya adalah bersifat keuntungan mental, yakni bisa merasakan bagaimana berkemah bersama teman-teman dan menjakin persahabatan, mengikis sifat egois.

Bumi perkemahan Sukamantri ini cukup mudah dijangkau di Bogor.

Bagaimana cara menuju ke bumi Perkemahan Sukamantri Ciapus :

Pertama-tama, jika kita tidak pernah ada atau jika kita tidak akrab dengan kota Bogor, silahkan gunakan Google Map; mencari ‘Sukamantri Camping Ground’. Ini akan menunjukkan kepada kita alternatif beberapa rute; itu akan memberi kita gagasan tentang di mana itu. Harap diingat, Bogor adalah kota dengan lalu lintas macet terutama selama akhir pekan.

Jika kita berkendara, dari mana pun kita berasal, kita perlu untuk mencapai jalan dari Jalan Raya Ciapus di Bogor. Ini adalah apa yang saya sarankan karena hal itu lebih mudah bagi anda. Jika kita melihat Angkot no 3 jurusan Ramayana-Ciapus, maka kita berada di jalur yang benar.

Maka Anda akan melihat setidaknya dua tanda-tanda jalan hijau persegi menunjukkan arah Bumi Perkemahan Sukamantri (Sukamantri Camping Ground). Salah satu tanda memberitahu kita untuk belok kiri untuk mencapai camping ground.

Dari persimpangan, jalan menjadi sempit tapi dalam kondisi cukup baik dan lurus. Persimpangan akan berada di depan tidak jauh, setelah 2 km.

Sebuah jalan kerikil akan menyapa Anda naik; berliku selama sekitar 2 km, harap ingat beberapa sisi jalan terlalu sempit untuk dua mobil, tapi mayoritas dua kendaraan dapat melewati secara berpapasan satu sama lain. Namun jangan khawatir, jalan cukup lengang dan relatif sepi.

Setelah melewati portal keamanan; sebuah kompleks perumahan besar di sebelah kiri (orang mengatakan itu dimiliki oleh keluarga Cendana), jalan menjadi sedikit berubah dari kerikil menjadi jalan berbatu tanpa aspal. Namun jangan kuatir juga, karena berbeda dengan yang ditulis di banyak blog mengenai kondisi jalan yang buruk, dan sepi mencekam, sehingga mencegah banyak orang untuk mengunjungi Bumi Perkemahan Sukamantri-Ciapus Bogor ini.

Menurutku; ya jalan sedikit buruk; namun cukup tenang dan sepi, memang tidak nyaman bagi Anda yang menggilai keramaian, tapi cukup damai bagi kita yang mencari damai teduhnya Alam bebas. Dan, selama mobil Anda bukan sedan biasa yang ceper (mobil off road lebih baik), melintas di rute menuju Sukamantri Ciapus akan menyenangkan, atau lebih baik lagi jalan kaki saja.

Maka kita dapat melintasi rute ini tanpa masalah. Tentu saja, jaga kecepatan rendah untuk menjaga suasana hati para penumpang mobil Anda.

Setelah 1 km, kita akan mencapai gerbang ‘Raider Kujang’ sebelum memasuki hutan hujan. Di sini, jalan menjadi lebih naik; berliku di bawah kanopi hutan.

Setelah itu 1 km kemudian kita akan mencapai pos pintu masuk ke Sukamantri camping ground.
Bagaimana, tunggu apa lagi, siapkan peralatan camping anda dan nikmatilah berkemah di Sukamantri Camping Ground.

(Liputan oleh : Ian D. Rahman)

Write A Comment