Halo pembaca puteriputeri.com, Saya Ayuning Humaira Putri, kali ini saya akan meliput beberapa destinasi wisata di kota yang sangat Istimewa, kota tersebut terletak didaerah Jawa Tengah, bisakah kalian menebak kota apakah itu? tentu saja itu adalah Kota Yogyakarta atau kota Jogja.

Saya berada di Kota Jogja selama tiga hari, berangkat menggunakan transportasi Kereta Api selama 9 jam perjalanan, dan sesampainya di Jogja saya menginap di kediaman om saya di Jl. Sisimangaraja. Sebenarnya jika kalian ingin pergi ke kota Jogja, selain menggunakan transportasi Kereta Api, kalian juga bisa memilih menggunakan transportasi lainnya seperti menggunakan kendaraan pribadi, Bis, jasa travel, dan juga pesawat.

Hari Pertama di Kota Jogja saya hanya berkeliling di pusat keramaian kota saja, dan itupun pada malam hari, karena siang harinya adalah waktu untuk beristirahat setelah perjalanan 9 jam ke kota Jogja. Pada malam hari saya pergi berkeliling kota Jogja dengan menaiki becak seharga Rp.30.000,- dari rumah Oom saya di Jl. Sisimangaraja, bebas kemana saja akan diantar dan ditunggu.

Pada malam itu saya memilih pergi ke Alun-alun kidul (Selatan) dan Alun-alun Lor (Utara) kota Jogja. Di Alun-alun kidul saya bisa berkeliling Alun-alun dengan menggunakan sepeda hias. Sepeda hias tersebut adalah sepeda yang telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga memiliki bentuk yang unik dan juga dihiasi dengan lampu hias dan dilengkapi dengan video audio mp3 yang bisa pilih lagu sesuai keinginan kita. Harga sepda hias (odong-odong) ini sekitar Rp.30.000,- sampai Rp.40.000,- untuk sekali putar.

(Sepeda hias, Alun-Alun Kidul)

Kemudian saya berlanjut ke Alun-alun Lor menggunakan becak yang sama, dan jaraknya kurang lebih hanya 500meter dari Alun-Alun Kidul.

Suasana di sana tidak kalah ramai seperti di Alun-alun kidul, karena di sana terdapat pasar malam dengan wahana permainan yang beragam, kita dapat menaiki wahana permainan tersebut dengan membeli tiket seharga Rp.15.000,- untuk satu permainan.

Selanjutnya pada hari kedua saya mengunjungi candi Prambanan dan goa Pindul dengan menggunakan mobil sewaan, mobil tersebut disewa seharga Rp.600.000,- perhari.

Tempat yang pertama saya kunjungi di hari kedua adalah candi Prambanan yang berada di Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk masuk kedalam Candi Prambanan, kita harus membeli tiket seharga Rp.30.000,- .

Candi Prambanan termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil.

(Candi Prambanan)

Setelah dari candi Prambanan, saya melanjutkan perjalanan ke Goa Pindul, Goa Pindul terletak di Dusun Gelaran, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta. Wisata Goa Pindul adalah adalah obyek wisata alam susur Gua bawah tanah, dengan aliran sungai di sepanjang lorong. Cara menikmati obyek wisata ini adalah menyusurinya dengan peralatan khusus yaitu dengan menggunakan ban dalam besar (tube) dan jaket pelampung. Sedangkan harga tiket untuk masuk kedalam Goa Pindul adalah sebesar Rp.35.000/orang.

(Di dalam Goa Pindul)

Keesokan harinya, dihari ketiga sebelum saya pulang, saya menyempatkan untuk mengunjungi Kebun Binatang Gembira Loka, yang berada di Jl. Kebun Raya No. 2, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kebun Gembira Loka ini merupakan kebun binatang satu-satunya yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta Atau Jogja, harga tiket masuk kedalamnya sebesar Rp.20.000,- untuk hari biasa, dan Rp.25.000,- untuk hari libur atau akhir pekan.

Menurut saya, kebun bintang Gembira Loka termasuk kebun binatang yang bagus dan bersih dibandingkan dengan kebun binatang Ragunan yang berada di Jakarta.

Itulah perjalanan saya ke beberapa destinasi wisata yang ada di Yogyakarta, semoga bisa menjadi rekomendasi readers untuk memilih tempat berlibur.

(Liputan oleh: Ayuning Humaira Putri)