Sahabat puteripuyeri.com, wisata di Nanggröe Aceh Darussalam rupanya menyedot minat wisatawan. Beberapa tempat wisata  di Nanggröe Aceh Darussalam menawarkan wisata edukasi yang penuh sejarah dan wisata alam ini mampu menyedot minat wisatawan lokal maupun mancanegara.

Misalnya seperti Pantai Iboih Sabang yang berada di titik nol km bagian barat Indonesia yang menawarkan pemandangan indah serta tempat diving yang lagi digandrungi, serta museum tsunami, menjadi target kunjungan wisatawan yang mengunjungi provinsi istimewa Nanggröe Aceh Darussalam yang mendapat predikat istimewa karena berbagai pertimbangan sejarah.
Pantai Iboih Sabang
Wisata Aceh Yang Menyedot Minat Wisatawan
 Kalau kita sering menyanyikan lirik lagu patriotik “Dari Sabang sampai Mearuke berjajar pulau-pulau, sambung menyambung menjadi satu itulah Indonesia”. Maka di wilayah Indonesia di titik nol paling barat Sabang ini terdapat tempat taman laut yang sangat terkenal bernama pantai Iboh. Perairan berwarna hijau kemilau yang masih jernih bersih alami ini sudah kondang sampai mancanegara sebagai tempat wisata selam yang luar biasa.
Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh 
Gambar sisip 1
Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh adalah masjid agung tertua di Aceh. Masjid yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda (1607-1636) ini menjadi saksi sejarah Nasional, Masjid ini terbukti tetap kokoh meski diterjang  bencana tsunami yang dahsyat tahun 2004. Masjid  Baiturrahman Banda Aceh ini tidak hanya berfungsi untuk sarana ibadah semata, karena dari waktu kewaktu tercatat banyak santri atau siswa dari negara luar seperti turki timur tengah, parsai bahkan dari arab juga pernah tercatat belajar agama di masjid legendaris yang memiliki tujuh kubah, empat menara dan satu menara induk..
Museum Tsunami di Aceh
Museum Tsunami di Aceh ini adalah monumen untuk mengenang sejarah  bencana banjir tsunami yang menewaskan ribuan warga aceh. Museum yang di bangun pada tahun 2009 diatas tanah seluas 2.500 m² ini juga di desain sebagai wisata tempat edukasi bagi wisatawan yang berkunjung.  Bencana tsunami 2004 meninggalkan banyak kerusakan namun dengan museum ini semua warga masyarakat bisa belajar secara sains dan teknologi tentang tsunami dan geologi.
Pantai/Pantan Terong Aceh Tengah
Pantai/Pantan Terong adalah sebuah tempat wisata yang berupa bukit di dataran tingi Gayo, di tempat ini wisatawan bisa menghabiskan waktu dengan menikmati pemandangan nan elok kota banda aceh dari atas bukit, serta lapangan pacuan kuda Pegasing dan bandara Remmbele yang diapit beberapa punggung bukit barisan yang menawan Alamat Pantan Terong berada di kecamatan Bebesan, 7.5 km dari kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah
 Air Terjun Blang Kolam Aceh Utara
Air Terjun Balng Kolam sering dikunjungi wisatawan untuk rekreasi keluarga di aceh ini memiliki ketinggian sekitar 75 Meter. Airnya begitu dingin. apa lagi kalau musim penghujan rasa air tejun blang kolam di Aceh Utara ini terasa menggigit kulit.
Gunung Borni Telong 
Burni Telong adalah gunung yang terletak di Kabupaten Bener dan telah mejadi ciri khas dari Kabupaten Tersebut. Gunung Burni Telong adalah gunung berapa Aktif dan pernah meletus pada Tanggal 7 Desember 1924 menyebabkan kerusakan hebat lingkungan sekitarnya termasuk lahan pertanian dan perkampungan.
Burni Telong yang dalam bahasa Indonesia diartikan dengan gunung yang terbakar, berada di ketinggian 2.600 meter di atas permukaan laut. Gunung ini hanya berjarak lima kilometer dari Redeolong, ibu kota Kabupaten Bener Meriah dan Bandar Udara Rembele (RBL). Untuk mencapai gunung yang sering disebut Burni Cempege (gunung yang penuh belerang), ada beberapa jalur. Salah satunya, melalui Jalur Edelwais. Dinamakan Edelwais karena di sepanjang jalur itu ditumbuhi bunga Edelwais yang oleh masyarakat Gayo dipercayai sebagai bunga abadi. Jalur ini diawali dengan jalan aspal mulai dari simpang jalan utama Takengon-Bireun sampai ke lereng Burni Telong tepatnya di desa Bandar Lampahan Kecamatan Timang Gajah yang berjarak 3 km.
Bila mau melakukan Pendakian sebaiknya berkonsultasi dulu dengan pemuda-pemuda setempat atau mengajak satu dua orang dari mereka turut serta, kecuali anda sudah mengenal betul medan dan jalur pendakian Gunung Burni Telong. Kondisi lapangan untuk mencapai ke ketinggian puncak memang agak terjal. Tapi, jalur dari Bandar Lampahan menuju lereng gunung merupakan pilihan favorit para pecinta alam atau pendaki gunung. Setelah melewati medan terjal, kita menemukan sebuah gua, yang sering digunakan pendaki sebagai tempat menginap bila ingin bermalam untuk beberapa hari. Di ketingian Burni Telong, hamparan pohon pinus memanjakan mata Anda Inilah satu-satunya gunung berapi aktif di dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah dan Bener Meriah.
 Tugu Lapangan Blang Padang 
Tugu Lapangan Blang Padang
 Tugu Lapangan Blang Padang adalah sebuah tempat tanah lapang seluas sekitar 8 hektar, di sinilah anda bisa melihat pesawat terbang pertama RI sumbangan dari Sultan Aceh. Pesawat ini sering disebut Pesawat Seulawah atau Indonesian Airways yang dipergunakan presiden pertama RI yakni Soekarno untuk transportasi terbang keluar negeri
Danau Laut Tawar
Danau Laut Tawar ini oleh orang setempat yakni suku Gayo disebut “Lut Tawar”. Danau yang dengan luas 5.472 hektar atau seukur dengan luas 3,219 km. berada di daerah kawasan wisata Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah. Setiap hari libur tempat wisata yang berair jenih ini dijadikan destinasi favorit wisatawan disekitar lokasi maupun dari daerah luar. (Gadiss)

Write A Comment