Liburan ke Lampung, tak lengkap bila belum menikmati indahnya pemandangan Teluk Lampung dari ketinggian. Pergilah ke kawasan Muncak di Tirtayasa untuk spot terbaiknya. Muncak Tirtayasa, sungguh tempat asik untuk foto selfie 🙂

Satu lagi tempat wisata kekinian yang ada di kawasan Teluk Lampung, pemandangan yang indah yang mengarah kebawah dengan adanya pemandangan Kota Bandar Lampung, perbukitan yang mengelilingi teluk, pulau pulau yang indah, serta pepohanan yang menghijau.

Ya, inilah tempat yang disebut oleh dengan nama Muncak di Tirtayasa.

Tempat ini sangat membuat mata terlena dengan pesona indahnya ciptaan maha kuasa, juga mudah untuk dicapai, sangat dekat dengan pusat kota Bandar Lampung. Untuk mencapai lokasi ini, dari kota Bandar Lampung terus ke arah kawasan wisata pantai di Lempasing atau arah jalan ke pantai Duta Wisata atau arah pantai Mutun, dll.

Tetapi setelah di Lempasing, tepatnya di depan sebelum pintu masuk pantai Tirtayasa, ada jalah sebelah kanan dengan mengambil jalan ke arah atas, atau disamping panti asuhan, atau dekat bengkel motor. Ambil jalan ke arah atas hingga lewati perkampungan atau desa Muncak.

Di sini akan ada pertigaan di pertigaan tersebut, ada ke arah objek teropong laut atau terus ke atas Muncak.

Lokasi pertama kita kunjungi yaitu ke Muncak yang tepat di depan rumah Pak Sumanto (50), seorang warga di Muncak Tirtayasa ini.

Lokasi ini baru dikelola kira kira setahun ini, begitu ujar Pak Sumanto, selaku pemilik rumah di kawasan ini.

Sejak Pak Manto tinggal dan mengelola lahan di sini, banyak anak muda yang datang untuk berfoto-foto sekitar setahun terakhir. Sebelumnya tinggal di Tulang Bawang, lahan ini dikelola dari warisan orang tuanya Pak Manto.

Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa desa Muncak ini sudah masuk ke kabupaten Pesawaran, walaupun letaknya dekat sekali dengan Kota Bandar Lampung,

Desa Muncak merupakan pecahan Desa Lampasing.
Para pengunjung paling banyak datang pada hari libur dan weekend yaitu Sabtu dan Minggu.

Para pengunjung bisa mencapai 100 motor, terutama saat libur panjang, tutur Pak Manto.

Kemudian kita berkunjung yang masih di daerah ini, yang masih dalam tahap penggarapan yang rencananya ke depan akan dijadikan objek wisata yang sama seperti sudah terkenal di sampingnya yaitu Teropong Laut.

Pada kesempatan yang sama kita tidak sempat masuk ke objek wisata Teropong Laut karena pengunjungnya lebih banyak dari pada lokasi lain.

Di lokasi ini sudah dikelola dengan baik yang menyajikan pemandangan Teluk Lampung yang mempesona.

Muncak Tirtayasa, tempat asik untuk foto selfie 🙂

Harga tiket masuk ke Muncak Tirtayasa ini sangat murah, yaitu hanya 5000 rupiah.

Sementara untuk rute perjalanan Jakarta-Lampung anda dapat memilih perjalanan laut atau pun darat. Pertama, apabila anda melalukan perjalanan darat menggunakan mobil pribadi. Anda harus masuk ke tol dalam kota – slipi – kebon jeruk – tol jakarya merak- Merak. Setelah anda sampai di Merak anda harus membeli tiket kapal ferri seharga Rp 350.000,- Setelah penyebrangan selesai anda turun di pelabuhan Bakauweni dan menuju kota Bandar Lampung.

Kedua, apabila anda melalukan perjalanan menggunakan pesawat. Anda dapat membeli tiket oleh travel travel. Anda dapat berangkat menggunakan taksi ke Bandara Soekarno-Hatta dan take off di bandara Randen Inten II. Setelah itu anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan taksi menuju kota Bandar Lampung.

(Liputan Oleh : Siti Latifah)

Write A Comment