Jika Anda ingin menyegarkan diri di akhir pekan, maka pesona alam Curug Cigamea ini bisa membuat anda benar-benar fresh dan semangat kembali.

 Curug Cigamea adalah sebuah air terjun yang berlokasi di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor atau dikenal sebagai Gunung Salak Endah.

Menikmati wisata singkat liburan akhir pekan yang cuma hari sabtu doang, membuat saya segera meraih kamera, dan menuju satu destinasi yang asyik, yakni Curug Cigamea.

Suasana di air terjun ini membuat kita rileks, udara yang segar kaya oksigen serta sejuk menjadikan tempat wisata alam ini menjadi tempat favorit bagi saya.

Air terjun ini dinamakan Curug Cigamea yang terdiri dari dua air terjun utama dengan berbeda karakter. Jarak tempuh lebih kurang dari 38 kilometer dari Kota Bogor hingga pintu Gerbang Kawasan Wisata Gunung Salak Endah yang sebenanrnya masuk dalam wilayah TNGHS (Taman Nasional Gunung Halimun Salak).

Selanjutnya, dari pintu gerbang ini berjarak lebih kurang dari 4 kilometer hingga tiba di pintu masuk Curug Cigamea.

Dari pintu masuk ini dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak menuruni lembah, lebih kurang 350 meter atau 20 menit hingga tiba di lokasi Curug Cigamea.

Air Terjun Curug Cigamea ini juga tak jauh dari lokasi Curug Ngumpet. karena di dalam wilayah TNGHS ini banyak sekali terdapat air terjun.

kekayaan alam berupa ragam jenis flora dan fauna terutama serangga, serta tanaman hutan yang eksotis ini tentu saja menarik perhatian kita sebagai warga Indonesia yang sadar akan potensi alam di TNGHS ini.

Kekayaan alam berupa flora dan fauna ini adalah sumber kekayaan tak ternilai karena bayangkan saja berapa jenis terkandung potensi untuk obat-obatan, potensi ditemukannya tanaman obat baru, serta potensi ditemukannya aneka ragam jenis flora mikroskopik di wilayah ini, serta serangga-serangga yang hanya hidup di wilayah TNGHS ini sebagai wujud kekayaan biota hutan yang sesungguhnya.

Curug Cigamea ini benar-benar membuat saya betah hingga 4 jam di lokasi ini untuk memotret berbagai angle atau sudut.

Karena saya belajar ilmu fotografi maka saya mencoba menerapkan teori EDFAT atau Entire, Detail,Frame, Angle dan Timing untuk memotret keindahan alam Curug Cigamea yang mempesona.

 

Untuk menuju ke lokasi ini kondisi jalan menuju lokasi sudah cukup baik, dengan jalan setapak makadam terbuat dari batu dan tersusun rapi dalam bentuk  jalur serta susunan anak tangga dengan pembatas pagar besi.

Di beberapa bagian jalan, tempat peristirahatan tersedia shelter untuk melepas lelah sambil menikmati air terjundar kejauhan. Di sini juga banyak tersedia tempat penginapan di sekitarnya.

Untuk masuk per orang dikenakan biaya Rp. 3500,- sedangkan tiket masuk kawasan Wisata Gunug Salak Endah dikenakan retribusi Rp.7000,- per orang termasuk kendaraan motor maupun mobil.

(Liputan oleh : Adit Pratama)

Write A Comment