Halo sobat puteriputeri.com semuanya, apa kabar, kenalkan saya Naufal ramadhany atau akrab disapa Naufal akan mengulas Wisata Pulau Pahawang.

Sobat, saya memang penggemar travelling,menjelajahi pulau-pulau dan selalu mencari destinasi baru yang unik, namun relatif dengan mudah bisa dijangkau dalam jarak tempuh tempat wisatanya itu sendiri.
Pulau Pahawang ini mungkin adalah salah satu destinasi liburan favorit penduduk jakarta setelah Pulau Untung Jawa atau pulau di kepulauan seribu yang lain, selain lokasi Pulau Pahawang yang nggak terlalu jauh, ada banyak aktifitas menarik yang bisa dilakukan di Pahawang. Selain itu tentunya, pemandangan di sekitar Pulau Pahawang begitu menyegarkan mata.

Sebelum pergi ke sini saya hanya banyak mendengar ajakan untuk ikutan Open Trip ke Pulau Pahawang. Beberapa kali sempat ingin mengiyakan ajakan tadi, karena selain dekat dari Jakarta, sebenarnya saya memang cukup penasaran dengan keberadaan Pahawang. Namun, ternyata sudah ada yang mengajak saya untuk menjelajah Pahawang terlebih dahulu.

Iya, Pulau Pahawang ini adalah salah satu destinasi andalan di Lampung yang banyak menarik pengunjung, dan sekarang juga mulai gencar dipromosikan. Secara administratif Pahawang ini berada di Kecamatan Punduh Padada, Kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan. Pulau utamanya sendiri ada dua, yaitu Pulau Pahawang Besar dan Pahawang Kecil.

Perjalanan menuju Pahawang tidak terlalu sulit. Perjalanan dimulai dari pelabuhan merak lalu menyebrang dengan menggunakan kapal fery menuju ke pelabuhan Bakauheuni lalu lanjut dengan mobil travel/mobil rental karena di daerah sana tidak ada mobil angkut umum atau bis yang menuju Pelabuhan Ketapang di Lampung.

Sekilas namanya terdengar begitu familiar, karena namanya memang mirip dengan pelabuhan yang ada di Banyuwangi, namun pelabuhan ini berbeda loh. Pelabuhan Ketapang Lampung ini adalah tempat dimana ada banyak kapal nelayan yang akan mengantarkan para turis menuju Pulau Pahawang.

Dari Pelabuhan Ketapang Lampung, tujuan pertama adalah Pulau Kelagian Kecil yang hanya berjarak sekitar 45 menit – 1 jam perjalanan laut saja. Sebenarnya Pulau Kelagian kecil ini adalah spot yang asik buat snorkeling, namun karena cuaca lagi bagus, saya lebih tertarik untuk mengabadikan banyak foto saja.

Pasir Pulau Kelagian Kecil yang begitu putih bersih sehalus bedak bayi, ditambah langit biru cerah plus gradasi air laut yang memukau begitu menggoda shutter untuk dipencet berkali-kali. Sayang banget kalau nggak diabadikan, karena kalau cuma snorkeling saya bisa melakukan di titik selanjutnya.

Pulau Kelagian Kecil ini ukurannya nggak terlalu besar, mungkin hanya perlu belasan menit saja jika saya mengelilingi seluruh pulau ini. Fasilitas yang ada di Pulau Kelagian Kecil pun cukup terbatas. Hanya terdapat beberapa bale-bale di dekat pantai utama yang dipergunakan untuk lari dari sengatan terik matahari. Selebihnya hanyalah tanah kosong dengan pepohonan di bagian tengahnya.

Pada salah satu sudut Pulau Kelagian Kecil ini terdapat sebuah kamar mandi tanpa air untuk berganti pakaian saja. Tidak ada penginapan disini, namun menurut saya ini adalah tempat yang sempurna untuk camping barang satu atau dua malam. Semoga saja ide camping di Kelagian Kecil ini bisa terwujud pada kunjungan selanjutnya.

Setelah puas narsis di Kelagian Kecil, tujuan selanjutnya adalah Snorkeling disekitar perairan Pulau Pahawang. Disini saya baru nyebur dan beberapa kali mengabadikan keindahan bawah laut Pahawang. Sayangnya, visibility air laut sedang kurang bagus.

Berdasarkan informasi dari pemandu kami, beberapa hari belakangan Lampung sering hujan, jadi itu berpengaruh terhadap visibiliti air laut. Lesson learned! Next time main-main ke Pahawang sebaiknya pada musim kemarau saja agar mendapatkan visibility terbaik ketika snorkeling.


Pun begitu saya tetap menikmati keindahan bawah laut sekitar Pulau Pahawang. Saya juga menyempatkan diri untuk berfoto dengan latar tulisan “karya wisata pahawang” , berada di kedalaman 2 meter. Semoga next trip tulisan ini diperbaiki deh. Karena spotnya cukup asik buat underwater selfie, lalu dipamerin di social media deh~

(Liputan oleh.: Naufal Ramadhany)

Write A Comment