Hai sahabat puteriputeri.com semuanya, baru-baru ini saya dan beberapa rekan tertarik untuk melihat salah satu surga tersembunyi yang berada di sekitar Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, yakni Telaga Dringo.

Mengunjungi Telaga Dringo yang masih termasuk Tempat Wisata Dieng Plateau, tepatnya di Kecamatan Batur, Kabupaten Batang dan perbatasan Banjarnegara di Jawa Tengah, menjadi sebuah pengalaman tersendiri yang sangat berkesan, untuk itu saya ingin membagikannya pada para pembaca puteriputeri.com.

Suasana Super Romantis di Telaga Dringo

Telaga Dringo adalah telaga tertinggi di Dieng, dengan ketinggian 2222 MDPL. Telaga ini masih sangat terjaga keindahan alamnya karena akses menuju ke lokasi telaga masih sangat sulit. Maka saya, dan teman-teman saya yakni : Afif, Syahied, Zulfa, Riri, dan Gesit mengawali perjalanan dari Yogyakarta dengan menyewa mobil serta bersiap-siap membawa perlengkapan yang dibutuhkan.

Awalnya kami berniat untuk bermalam di lokasi Telaga Dringo tetapi kami tidak mendapat sewaan tenda dan perlengkapan camping lainnya. Karena saat itu telah menunjukan pukul 17:00 WIB dan mobil yang kami sewa telah tiba, kami memutuskan untuk tidak bermalam di TelagaDringo dan bergegas berangkat sebelum hari semakin sore.

Selama perjalanan beberapa kali kami singgah untuk mengisi tambahan perbekalan minuman dan snack, kami juga beristirahat sejenak lalu melanjutkan perjalanan. Tak terasa sudah menunjukan pukul 22:00 WIB dan kami sudah sampai di Temanggung.

Sesampainya di Temanggung tiba-tiba mobil kami mengalami kerusakan mesin dan tidak bisa jalan. Afif, Syahied dan Gesit segera mendorong mobil ke tepi jalan lalu menghubungi tempat rental mobil yang kami sewa untuk mendapat pertanggungjawaban dari pihak rental. Akhirnya pihak rental meminta kami menunggu dan mereka akan mengantarkan mobil pengganti ke lokasi kami saat itu.

Selagi kami menunggu, kami berjalan-jalan mencari tempat makan terdekat untuk makan malam. Setelah itu kami mencari masjid untuk menjamak solat magrib dan isya, sekaligus beristirahat. Tak terasa sudah tengah malam, dan pada pukul 01:00 WIB akhirnya pihak rental tiba di lokasi dan memberi kami mobil baru untuk pengganti. Tanpa membuang waktu lagi kami langsung melanjutkan perjalanan.

Setelah melewati perjalanan yang panjang dan menegangkan, jalan yang sangat menanjak, melewati bukit-bukit yang di kelilingi jurang dan jalan bebatuan akhirnya kami tiba di Telaga Dringo.

Walaupun Google Maps telah menunjukkan kami telah sampai tapi kami belum melihat adanya Telaga karena tidak ada lampu penerangan apapun dan kabut mulai menutupi jarak pandang. Kami memutuskan untuk menghentikan perjalanan dan istirahat di mobil sampai matahari dapat membantu penglihatan kami. Pukul 05:00 WIB matahari mulai bersinar, pemandangan sunrise pun memukau mata kami, dan kami pun melihat telaga dari kejauhan, perjalanan pun dilanjutkan.

Tak berapa lama kami menyusuri jalan kami melihat ada 2 mobil parkir di sisi jalan, kami juga mengikuti parkir di samping mobil tersebut dan turun dari mobil untuk melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Sekitar 15 menit kami berjalan tibalah kami di surga tujuan utama kami yaitu Telaga Dringo.

Sungguh indah ciptaan Allah SWT, menyiptakan surga-surga tersembunyi yang tersebar di seluruh Negeri ini.

Telaga yang begitu jernih yang dikelilingi bukit-bukit, sedikit kabut menambah indah pemandangan saat itu. Banyak wisatawan lain yang berkemah dan mendirikan tenda di sekitar telaga.

Aku dan teman-temanku tidak lupa untuk mengabadikan moment tersebut dengan berfoto dan menjadikan Telaga Dringo sebagai lokasi yang sangat ‘scenic’. Setelah berfoto-foto kami pun bergegas turun dari bukit dan mencari sarapan di sekitar kawasan penduduk, lalu pulang menuju Yogyakarta.

Inilah rincian biaya perjalanan kami kali ini ke Telaga Dringo :

1. Menyewa mobil 350 ribu/24jam (kami sewa dari kota Yogya)
2. Bensin mobil 250 ribu (perjalanan Yogya-Dieng PP)
3. Uang masuk dan uang parkir di Telaga Dringo gratis
4. Biaya makan tergantung selera

Semoga info rincian biaya tersebut bermanfaat untuk para pembaca puteriputeri.com yang ingin mengunjungi Telaga Dringo, Dieng.

(Liputan oleh : Sri Indayani)

Write A Comment