Merawat Diri Secara Alami agar Cantik Alami, Sehat Berseri secara alami, penting kita lakukan.

Merawat diri dari ujung rambut hingga ujung kaki, penting bagi segenap perempuan, utamanya kita perempuan Indonesia. Kita perempuan Indonesia patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kelimpahan karunia alam tropis yang kaya akan bahan-bahan nabati alami yang mampu menjadi sarana perawatan diri kita, para wanita Indonesia agar tampil semakin cantik.
Perawatan tubuh secara mandiri dan alami dari ujung rambut hingga ujung kaki bisa sahabat puteriputeri.com simak bersama tipsnya.

Ujung Rambut

dapatkan wajah cantik putih alami, foto diperagakan oleh Faika Putri, Model

 

 

Rambut adalah mahkota seorang wanita. Baik rambut anda tertutup setiap hari atau dibiarkan tergerai alami indah setiap hari itu adalah pilihan anda masing-masing. Namun untuk perawatan rambut ini kami dari redaksi telah menggali beberapa resep kuno peninggalan nenek moyang. Yang pertama perawatan rambut yang paling baik adalah keramas dengan menggunakan merang. Merang, apa itu merang ? Merang adalah batang padi yang baru saja dipanen. Ya merang adalah sarana alami asli bangsa Indonesia mengingat di Eropa dan di Amerika merang tidak ada, bahkan ya tidak ada wanita bule yang keramasnya pakai merang.

Keramas pakai merang bagaimana caranya ? Untuk wanita moderen mungkin akan kesulitan dan tidak praktis, keramas pakai merang, namun bagi para wanita Indonesia Tempoe Doeloe telah biasa keramas pakai batang merang padi untuk menghitamkan rambutnya sekaligus menjaganya agar lebat dan sehat, caranya adalah sebagai berikut:

1. Ambil tiga hingga empat ikat merang padi yang sudah kering, ingat ya yang sudah kering menguning setelah sisa panen, jangan yang hijau karena khasiatnya akan berbeda. Semakin lebat rambut kita maka batang merang yang digunakan tentu semakin banyak. Nantinya rambut kita akan lebat hitam dan berkilau.

2. Setelah memperoleh batang-batang merang padi yang telah kita kumpulkan setelah sisa hasil panen padi itu, maka bakar merang padi yang sudah kita siapkan tersebut di dalam wadah dari tanah liat. Cara bakarnya adalah taruh batang-batang merang itu diatas periuk tanah liat dan bakar diatas tungku atau kompor.

3. Kemudian merang padi yang sudah terbakar dan menjadi abu tersebut, maka tinggal kita tambahkan air secukupnya hingga terendam semua, jangan lupa sambil diaduk-aduk supaya rata. Maka bisa kita rasakan abu erang ini akan licin dan kesat, nah kalau sudah licin dan kesat, maka abu merang seperti inilah yang baik sekali bagi rambut.

4. Abu merang yang telah dicampur air tersebut bisa dicampur dengan perasan air jeruk nipis. Air jeruk nipis ini berfungsi untuk menyegarkan kulit kepala menghilangkan ketombe dan membuat pori-pori kulit kepala menjadi lebih bersih.

5. Untuk hasil yang lebih baik maka biarkan rendaman tersebut selama satu malam, jangan lupa letakkan wadah yang berisi abu merang bercampur air perasan jerus nipis itu di udara bebas terbuka, tujuannya supaya merang padi tersebut terkena pula dengan tetesan embun. Caranya bisa diletakkan di wuwungan rumah agar cepat mengembun.

6. Keesokan harinya ambil air endapan dari merang padi yang sudah kita biarkan tersebut, ambil air yang jernih yang terdapat di permukaannya. Dan pakailah air tersebut sebagai sarana keramas rambut anda.

7. Dari air endapan dari abu merang padi yang yang sudah kita ambil tersebut, dapat kita kita pergunakan sebagai sarana keramas rambut.

8. Bagi sahabat puteriputeri.com kalau bisa melakukannya dengan rutin dan lakukan tiga kali dalam seminggu, untuk hasil yang maksimal dan lebih baik.

Ingat merang ini tidak pernah dipakai oleh para wanita bule, jadi inilah saat wanita Indonesia bisa tampil berbeda secara kecantikan lahiriahnya bersanding dengan kecantikan para wanita luar negeri atau wanita bule bahkan wanita latina yang terkenal dengan kecantikannya.

Merawat Wajah

Setelah dari ujung rambut maka turun ke wajah kita. Untuk perawatan wajah sebaiknya ada tiga cara :
Cara yang pertama adalah memakai perasan air jeruk nipis yang dibasuhkan secara rutin pagi siang dan sore ke wajah. Jika siang tidak bisa maka cukup pagi sebelum berangkat kerja dan malam hari sebelum tidur.

Cara kedua adalah memakai air mawar sebagai astringent alami. Cara membuat air mawar ini gampang, ambil kelopak-kelopak bunga mawar secukupnya dan rendam di dalam baskom air yang terbuat dari aluminium atau baskom air dari logam. Setelah itu jemur dalam aturan yakni : jemur dari pukul 06:00 WIB hingga pukul 10:00 WIB. Air rendaman itu akan mengeluarkan astringent alami dari air mawar, maka basuhlah wajah anda dengan air mawar itu setiap hari. Bila persediaan sudah habis silahkan membuat air mawar itu kembali. Selain air mawar juga bisa membuat air Kenanga. Bunga kenanga banyak mengandung minyak atsiri yang baik bagi rambut dan wajah. Minyak atsiri alami bunga kenanga ini juga bisa dikeluarkan ketika sahabat merebusnya atau hanya merendam kelopak-kelopak bunga Kenanga dalam cara yang sama dengan merendam air mawar di atas.

Cara yang ketiga adalah dengan menggunakan peeling alami dari parutan kelapa. Sahabat puteriputeri.com tahukah anda bahwa sisa parutan kelapa ini bisa menjadi sarana peeling wajah yang ampuh lagi berkhasiat alamiah. Caranya bila kita membuat santan kita akan memeras parutan kelapa ini sampai santannya keluar semua. Nah ambillah ampas parutan kelapa ini kemudian usapkan serta gosokkan secara merata di wajah, jadikan parutan kelapa ini sebagai sarana peeling alami yang berkhasiat sekali untuk mengangkat sel kulit mati. Redaksi puteriputeri.com telah mencoba dan khasiatnya sungguh luar biasa, karena itu redaksi mengulasnya sebagia resep spesial untuk pembaca puteriputeri.com di manapun anda berada, bila perlu print dan simpan artikel ini.

Leher yang mulus

 

Leher memiliki lipatan-lipatan kulit yang bisa dibersihkan pula dengan peeling parutan kelapa tersebut. Cara membersihkan leher secara alami adalah dengan cara membasuh leher kemudian menggosoknya dengan lembut dengan parutan kelapa sisa ampas santan di atas. Hal ini untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran penyumbat pori. Selain dengan menggunakan parutan kelapa, bisa juga cara alternatif dengan menggunakan parutan wortel atau bengkuang.

Untuk parutan wortel karena bulir parutan wortel bisa lebih keras dan berfungsi sebagai peeling yang cukup solid untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran atau daki yang membandel yang masih ada di leher kita. Coba cara khas khusus dari puteriputeri.com ini dan laporkan hasilnya pada kami kembali melalui alamat email redaksi atau jangan ragu langsung mengisi kolom komentar dalam kolom bawah berita yang telah disediakan ini.

Pundak dan lengan


Untuk pundak dan lengan pembaca bisa membuat losion pembersih alami dari campuran minyak zaitun dan parutan kelapa atau parutan wortel tadi, caranya campurkan minyak zaitun atau olive oil secukupnya pada parutan kelapa kemudian balurkan secara halus pada pundak dan lengan anda, dengan cara peeling juga, dengan menggosokkan ke pundak dan lengan. Maka ramuan ini bisa mengangkat sel kulit mati, membersihkan daki dan memasukkan unsur kelembapan minyak zaitun kedalam pori-pori kulit, jadi manfaatnya sungguh three in one. Cara ini sudah puteriputeri.com coba karena hasilnya adalah sensasi kulit bersih yang menyegarkan, maka sungguh tidak sia-sia puteriputeri.com menggali dari aneka arsip literatur kuno dan melakukan wawancara dengan banyak kalangan eyang puteri yang dulunya perawatannya hanya mengenal cara perawatan alami.

Untuk Payudara

Perawatan untuk payudara bisa menggunakan ramuan minyak bulus. Minyak bulus bisa didapatkan di pasar-pasar tradisional, cari yang asli.
Kalau sulit maka ada cara yang lebih mudah yakni dengan cara minyak kelapa coconut oil (bukan minyak sawit) dan campurkan minyak kelapa itu dengan perasan lidah buaya (aloevera), campuran minyak kelapa dan lidah buaya ini 100% food grade dan alami serta dapat dikonsumsi langsung. Baluran kedua bahan ini dapat membuat payudara anda kencang, setelah itu diamkan baluran ini dan bilas setelah 10 hingga 15 menit, lakukan perawatan ini minimal 3 hari sekali untuk hasil yang maksimal.

Untuk merawat organ intim wanita

Cara yang paling alami dan paling berkhasiat adalah dengan menggunakan rebusan daun sirih. Ambil 7 helai daun sirih kemudian rebus dan setelah airnya dingin bisa dipakai untuk membasuh dan membersihkan organ intim, lakukan ini rutin dua atau tiga hari sekali untuk membuat organ intim menjadi lebih bersih dan sehat.
Untuk merawat kaki dan tumit
Gunakan olesan madu bersama dengan lidah buaya dan bawang merah, campuran tiga bahan alami ini adalah 100 % food grade, dan dapat membuat tumit dan kaki anda lebih mulus, lakukan kira-kira 2 hingga 3 hari sekali. Kami dari redaksi maklum kadang kala cara tradisional lebih ribet dari cara modern yang tinggal memakai sabun kemasan pabrik. Namun cara tradisional ini membuat kita lebih menghargai apa yang alam telah berikan kepada kita untuk merawat kecantikan pemberian Tuhan Yang Maha Esa kepada kita.

(imung)

Write A Comment