Halo sobat puteri, pada musim liburan ini,  penulis melaksanakan liburan ke wisata Curug Kapulaga disebut juga Curug Capolaga.
Tempat wisata ini berada di Kabupaten Subang tepatnya di desa Cicadas.  Kawasan Capolaga/Kapulaga hanya berjarak sekitar 2 km dari kawasan wisata Sari Ater, sehingga bisa menjadi tujuan wisata alternatif ketika anda berwisata ke Ciater. Dari gerbang wisata Sari Ater arahkan kendaraan Anda menuju kampung Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Salagalaherang. 10 menit kemudian anda akan tiba di Capolaga (Curuk Kapulaga).
Di kawasan ini ada 3 buah curug, yaitu curug Cimuja, curug Karembong dan curug Goa Badak yang semuanya masih dalam satu aliran sungai. Jarak antara ketiga curug ini sekitar 300 meter. Selain curug, disini juga terdapat flyng fox, camping ground dan ruang terbuka cukup luas sehingga sering digunakan untuk acara outbond ataupun family gathering perusahaan.
Di sekitar Curug Kapulaga sebenarnya masih terdapat curug lain, yaitu curug Sadim. Lokasinya di tengah perkebunan teh sebelum kampung Panaruban.
Waw… amazing, sungguh sangat memuaskan hati jika berlibur ke wisata ini. Betapa tidak baru saja memasuki wilayah wisata ini kita sudah disuguhi oleh keindahan alam yang membuat mata kita terpukau.  Jalan yang berkelo-kelok, naik turun melewati perkebunan teh yang luas dengan udara pegunungan yang sejuk dan segar. Bahkan di sekitar area wisata ini kebersihannya dijaga dengan sangat baik.
Bagi anda yang ingin berlibur ke wisata ini dengan membawa kendaraan pribadi, anda bisa memarkirkan kendaraannya di sekitar rumah warga, karena wisata ini letaknya memang dekat dengan pemukiman. Biaya masuknya pun sangat terjangkau hanya Rp.10,000.- per- orang. Itupun sudah ada pemandu wisatanya lho, jadi untuk pengunjung yang belum tau apa itu Curug Kapulaga bisa diceritakan oleh pemandu tersebut. Lebih dalam memasuki wisata Curug Kapulaga ini, ternyata tidak hanya ada satu curug tetapi masih ada beberapa curug lainnya dengan nama-nama yang berbeda.
Curug Kapulaga ini memiliki sumber mata air yang jernih dan bersih. Kebanyakan pengunjung yang datang ke wisata ini tidak ingin melewatkan moment untuk berenang dan mengabadikan foto bersama keluarga di bawah derasnya air terjun. Sama halnya dengan keluarga penulis yang melakukan hal tersebut. Sebelum mencapai ke curug tersebut kita masih butuh pengorbanan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak yang menanjak dan medan yang curam. Dan harus ekstra hati-hati jika ingin berwisata ke tempat ini.
Tapi jangan khawatir sobat, selama menempuh perjalanan jauh di sekitar curug juga terdapat saung-saung tempat beristirahat yang menarik bagi para pengunjung. Bagi kalian yang mau berlibur ke wisata ini tidak perlu khawatir kalau tidak membawa bekal makanan dari rumah, karena disana sudah tersedia warung-warung jajanan yang menjual minuman, pop mie, roti, dll. Selain itu juga tempat wisata ini menyediakan beberapa wahana seperti flying fox (permainan meluncur), terapi air, dan air terjun.
Ayo tunggu apalagi bagi kalian yang belum pernah datang ke Wisata Curug Kapulaga (Curug Capolaga) ini dijamin tidak akan mengecewakan, karena wisata ini memang cocok sekali untuk refreshing bagi kita yang memliki rutinitas yang padat dalam kegiatan sehari-hari. Penulisnya pun ingin sekali rasanya berkunjung ke wisata ini untuk yang ke dua kalinya.
(Liputan Oleh : Tri Astuti)

Write A Comment