Telaga Sarangan adalah sebuah danau alami yang terletak pada kaki Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.


Terletak sekitar 16 kilometer sebelah barat kota Magetan, Sarangan memiliki luas 30 acre atau 75 hektar, dan kedalaman hingga 28 meter.

Dengan suhu udara antara 18 dan 25 derajat Celsius, Telaga Sarangan mampu menarik ratusan ribu pengunjung setiap tahun.
Atmosfer yang sejuk ini jelas menjadikan Sarangan populer sebagai tempat yang paling menarik bagi orang-orang kota.
Telaga Sarangan adalah pariwisata yang sangat populer di Magetan. Sekitar danau, juga terdapat hotel bintang dua, 43 motel, dan 18 cottage.

Di samping hotel, ada juga toko souvenir dan penjual makanan. Para pengunjung dapat menikmati danau dengan menyewa perahu atau menunggang kuda di atas danau atau bermain di tanah bermain atau pasar tradisional.

Bagi mereka yang suka makan sate, di sini pengunjung bisa makan sate kelinci yang menjadi ciri khas Sarangan.
Selanjutnya, Telaga Sarangan memiliki beberapa peristiwa penting tahunan, berupa ritual adat Jawa pada hari Jumat Pon di bulan Ruwah ( kalender Jawa), Ledug Sura 1 Muharram, dan pesta kembang api di malam tahun baru.

Sarangan pada jaman dahulu sangat disukai oleh Belanda pada masa kolonial, sebagai tempat peristirahatan kompeni para penjajah Belanda. Letaknya yang strategis antara Madiun dan Solo, menjadikan Sarangan sebuah wilayah wisata yang relatif aman dan nyaman untuk para orang-orang penjajah Belanda jaman dahulu.

Untuk menuju Sarangan Anda juga bisa melintasi lereng selatan Gunung Lawu, (3.265 m) yang memiliki alam pegunungan yang indah.

?
?

Dengan letak ketinggian sekitar 1.287 mdpl, para wisatawan dapat menikmati pemandangan yang sangat indah. Ada berbagai fasilitas di daerah ini, seperti; Hotel, restoran, dayung kano, bermain dan kuda, yang telah disediakan untuk para wisatawan dari berbagai daerah dan bahkan turis asing.

Telaga Sarangan yang terletak di perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah, tepatnya di bagian barat Magetan, Jawa Timur ini, jelas menjadi destiansi wisatawan yang singgah dalam perjalanan lintas propinsi.
Anda dapat menjadikan Telaga Sarangan sebagai salah satu alternatif untuk liburan Anda kali ini.

Ada banyak wisata alam menarik yang dapat dinikmati di sini. Danau ini dan sekitarnya menawarkan pemandangan alam yang indah dan menakjubkan untuk Anda.

?
?

Pemandangan Danau Sarangan akan memanjakan mata Anda, karena Anda dapat melihat sebuah danau yang luas dan pegunungan hijau di sekitar Gunung Lawu Sidoramping menjulang.

Ditambah dengan air danau yang tenang dan cermin dari pegunungan dan gunung-gunung di sekitar.
Pemandangan deretan pegunungan dan gunung di sini juga lebih jelas dan tenang serta damai ditambah dengan udara pegunungan yang sejuk dengan suhu sekitar 18-25 derajat Celcius.

Ya, Anda langsung merasakan udara pegunungan yang sejuk saat Anda menikmati telaga Sarangan pada ketinggian sekitar 1287 meter di atas permukaan laut.

?
?

Di pinggir danau tersedia sepeda air yang menyerupai bebek dan juga perahu-perahu yang bisa disewa. Hal ini dapat menjadi sarana bagi mereka yang ingin mengelilingi danau. Atau Anda bisa pergi di sekitar telaga dengan naik kuda atau kereta dokar yang ditawarkan oleh penduduk setempat.
Tentunya ini bisa menjadi buah menyenangkan hati Anda.
Atau bagi mereka yang ingin olahraga, Anda dapat mengelilingi danau ini dengan berjalan atau berlari.
Anda juga akan menemukan hutan pinus di lereng pegunungan di sekitar Telaga Sarangan. Suasana sejuk dan indah pasti akan membuat olahraga menyenangkan.

?
?

Ada berbagai fasilitas di daerah ini, seperti; Hotel, restoran, perahu dayung, bermain tanah dan kuda, yang telah disediakan untuk para wisatawan dari berbagai daerah dan bahkan turis asing.
Telaga Sarangan terletak di kaki Gunung Lawu, dan mewakili tujuan wisata Jawa Timur yang selalu menarik perhatian, khalayak, maka selalu ramai oleh kunjungan wisatawan.
Sebagai tujuan wisata, Danau Sarangan sudah dikenal sejak zaman Belanda. Tercatat, para pejabat Kompeni Belanda berpangkat tinggi sering menghabiskan akhir pekan mereka.
Jadi sambil menjajah dan mengekploitasi alam dan memperbudak penduduk Nusantara, para penjajah Belanda juga berwisata dan bersenang-senang.
Hal ini tidak mengherankan bahwa di sekitar danau, beberapa villa arsitektur Eropa masih dapat ditemukan.
Di masa lalu, Sarangan Lake adalah lebih dikenal sebagai Pasir Lake (Danau pasir). Karena, pada saat musim kemarau air telah mengering, hanya menampilkan hamparan besar dari pasir.
Di sisi lain, saat musim hujan, air akan mengisi seluruh area danau.
Namun, hingga saat ini tidak ada catatan yang pasti dapat ditemukan ketika nama Pasir Danau telah berubah menjadi telaga Sarangan. Tapi, terlepas dari itu, telaga Sarangan tetap alami dan menarik untuk dikunjungi.
Sebagai salah satu objek wisata terkenal di Jawa Timur, Sarangan telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung.

?
?

Fasilitas yang dikelola oleh pemerintah daerah Magetan, antara lain; hotel; losmen (lodgments), restoran, pasar buah dan sayuran, juga toko-toko suvenir.
Selain itu, ada fasilitas lain, seperti tempat parkir yang luas, musholla (masjid kecil), dan pos jaga.
Saat menikmati danau seluar 75 hektar ini, wisatawan dapat menggunakan perahu motor untuk memiliki perjalanan. Selain itu, ada perahu “bebek air” dan kuda yang siap akan membawa Anda ke tujuan wisata lain di sekitar danau Sarangan, seperti; air terjun Tirtosari dan air terjun Sarangsari.
Air terjun Tirtosari terletak 3 kilometer barat daya Danau Sarangan. Sementara air terjun Sarangsari yang terletak 2 kilometer barat laut dari Sarangan.
Kedua air terjun yang masih alami dan sangat menarik, karena hutan lindung yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Lawu, mengelilingi Telaga ini.
Di tepi hutan lindung, dan persis di tepi Danau Sarangan,banyak penginapan atau cottage yang dilengkapi dengan air panas, televisi, dan telepon.
Harga relatif terjangkau sesuai dengan standar wisatawan domestik, dan dibandingkan dengan hotel lain atau losmen (lodgments) di sekitar danau.
Selain itu, ada taman bermain (fun park) untuk anak-anak, dengan taman bermain cukup luas.
Sementara itu, untuk orang dewasa, selain dari lingkungan yang nyaman dari hutan lindung, ada juga panggung terbuka untuk pertunjukan budaya.
Selain itu di 3,5 kilometer barat laut dari danau, ada Mojosemi Camping Ground, yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Lawu. Sebuah lokasi yang cukup tepat untuk pecinta alam yang suka berkemah, rekreasi atau meneliti alam.
Bagi pembaca yang ingin ke Sarangan, hal ini tidak sulit untuk menuju Sarangan, karena semua jenis kendaraan dapat langsung mengakses lokasi.
Jika kita menggunakan transportasi umum, bisa start mulai dari terminal Bus Bungurasih Surabaya menuju Magetan. Dari terminal Magetan banyak transportasi umum menuju Telaga Sarangan.
Sarana dan fasilitas di Sarangan
Fasilitas publik yang dapat ditemukan di Sarangan pariwisata Lake adalah:
1. Melintasi jalan yang merupakan jalan provinsi; dengan kondisi baik menghubungkan Magetan-Solo melalui Tawangmangu.
2. Fasilitas telekomunikasi, seperti telepon umum, wartel, dll
3. Jaringan listrik dan air dalam kondisi baik.
Sedangkan fasilitas fasilitas khusus / pariwisata yang dapat ditemukan di Sarangan pariwisata adalah:
– Luxury Hotel: 2 buah
– Melati Hotel: 43 buah
– Lodgments (losmen) dan Cottage: 18 buah
– Restoran: 20 buah
– Tenis Lapangan: 3 buah
– Swimmingpool: 2 buah
– Canoe (perahu kano): 70 buah
– Kuda untuk disewajan: sekitar 120 ekor
– Pasar Wisata: 1 buah
– Playground: 1 buah
– Musholla (masjid kecil): 1 buah
Obyek Wisata Danau Sarangan
Para pengunjung Danau Sarangan dapat menikmat pemandangan alam yang indah dari danau, alam pegunungan dan sawah di mana penduduk lokal telah budidaya, sayuran dan hortikultura lainnya.
Di daerah obyek wisata ada juga daya tarik lain seperti:
– Perahu yang menyediakan untuk mengelilingi danau dengan aman.
– Berkuda untuk mengelilingi danau sepanjang tepi lingkar danau, menikmati keindahan Danau Sarangan.
– Sebuah taman bermain dengan beberapa fasilitas tempat berteduh dan mendukung fasilitas untuk anak-anak seperti ayunan, dll
– Wisata Pasar yang menjual berbagai souvenir, makanan khas, sayuran dan produk Kabupaten Magetan lainnya.
– Penjual makanan keliling seperti sate, jagung dan kacang rebus.
Sekian laporan wisata dari saya terimakasih. salam wisata khas puteriputeri.com
(Liputan dan Foto, oleh : Yuni S)

Write A Comment